Selasa, 30 November 2010

SKCK oh SKCK -- Kartu Kuning oh Kartu Kuning

S K C K, suatu surat yang bagai raja karna dielu-elukan semua orang -- termasuk gue --. Kalo lagi pembukaan CPNS jangan sekali-kali deh kalian buat surat SKCK 'cause penuh, sesek, engap, panas, bejubel sama orang, pokoknya amit-amit tuh suasana Polsek.

Pagi-pagi -- jam 6 pagi -- gue sama nyokap gue pergi ke polres depok buat bikin tuh surat, secara tuh suratkan emang salah satu persyaratan buat ngelamar jadi CPNS. Kerja jadi CPNS kan emang diidam-idamkan semua orang -- termasuk gue lagi :)) --. Tepat jam 7 gue sampe Polres Depok dan kalian tahu pemandangan apa yang gue liat pertama kali?!  "ANTRIAN". gila baru jam 7 udah ada yang antri padahalkan Polres bukanya jam setengah 9. coba bayangin! ckckck. Ikutan aja gue ngantri, tapi antriannya ada 2. satu disebelah kanan yang satu disebelah kiri. Bingung pilih antrian yang mana kalo salah antri bisa antri dari awal lagi -- ogah gue --. Ada suara pencerahan dateng pas gue mau nanya.
"mbak ini antrian buat apa ya?"
kata mbak-mbak yang didepan gue ama mbak-mbak laen disampingnya
"ini tempat buat ngambil formulir mbak, kalo yang itu buat naruh formulir yang udah diisi" kata mbaknya sambil nunjuk kesamping kanannya
Alhamdullilah gue bener ngatrinya, kalo gak mah asem banget gue ngantri dari awal lagi. Jam setengah delapan orang-orang makin banyak yang dateng. udara makin panas, gerah, engap, pada bau kringet semuanya. Tiba-tiba ada yang buka kaca didepan antrian gue.
"sabar ya" kata bapal-bapak yang ngebukain kaca itu
"pak buka dong sekarang" kata ibu-ibu yang udah ngatri paling depan
"nanti bu, kita aja belum apel" kata bapak itu sambil keluar
Astaga! Belum apel?! wah masih harus nunggu sekitar satu jaman dong -- asem, asem asem --

Waktu bergulir luama bangettt. Panas makin menjadi-jadi, gerah makin meraja lela, bau asem makin merebak huaaaaaaa kapan berakhirnya penderitaan ini?! -- padahal baru jam 8 kurang --. Tiba-tiba ada suara yang mengaum. memberikan kesegaran tersendiri buat gue.
"pak -- siapa gitu gue lupa -- silahkan duduk diepan komputer tidak usah ikut apel"
alhamdullilah banget ternyata tuh polisi sangat mengerti tentang warga negaranya yang sudah bejubel bahkan melebihi kapasitas tampungan, alias luber. tapi yang lebih parah malah terjadi pas tuh antrian dibuka. Satu sama laen gak mau saling ngalah akhirnya saling dorong-dorongan. yang mau keluar gak bisa keluar yang mau maju gak bia maju, tapi tetep aja pada ngedorong. Orang yang didepan aja sampe kena kaca tapi gak ada yang mau minggir. dasar!! setelah perjuangan sekuat tenaga akhirnya gue sampe juga didepan, tapi didorong kekanan, dihimpit kekiri, ENGAP. Tahu gak padahal tuh orang yang ngedorong gue kekanan itu nyelak, dasar gak mau antri tapi mau duluan gimana nih bangsa bisa maju -- kenapa ngomongin ini --. pokoknya persyaratan gue udah diambil ama tuh petugasnya mau diperiksa dulu udah lengkap apa belum. pas formulirnya udah disteples ama kelengkapan gue, guekan mau keluar. ya ampun bener-bener gak bisa berkutik gue. sempit, orang semua minggir, tuh orang-orang pengennya tetep ditempat biar cepet dapet tuh formulir. Dengan celah yang kecil gue keluar aja, itu juga susaaahhhnyaaaa ampun-ampunan. HUAAAA akhirnya gue keluar juga dari tuh krumuanan sialan. Buru-buru deh gue ngisi tuh formulir.

pas udah selese ngisi tinggal ngasih ke bagian yang disebelah kiri, bagian yang antriannya gak kalah panjang. berhubung tadi gue diselak, akhirnya gue nyelak ahhaa -- tawa tidak bersalah --. pas nyampe depan gue kasih aja tuh formulir ama kelengkapan-kelengkapan gue. trus gue nanya tempat buat sidik jari dimana? tuh polwan langsung bilang dari sini belok kekiri aja. gue ikutin aja, trus pas nyampe tempat sidik jari gue masuk keruangannya trus ngambil formulirnya. pas gue sampingan ama ibu-ibu yang tadi didepan gue waktu antri ngambil formulir. duduk disambil dia yang ngisi formulir sidik jari tapi formulir yang skck masih ada ditangan dia. nah lho! formulir guekan udah gue kumpulin

deg-degan gue liat tuh formulir skck punya tuh ibu-ibu. trus gue nanya
"bu bukannya formulir yang skck dikumpulin?"
"hah dikumpulin?! setahu saya kita isi sidik jari dulu baru kalo hasilnya udah ada baru dikasih kesana"
lho lho gue udah ngumpulin. gimana dong?! -- tampang bingung bercampur ngeden --
"saya udah dikumpulin bu. gimana tuh?"
"gimana ya?! kalo gak ke bagian itu aja lagi minta tuh formulirnya"
dengan sigap gue ke bagian tadi gue ngumpulin formulir skck gue. aseem masih pada ngatri lagi. kalo gue turutin hawa nafsu gue buat berbuat baik ikutan ngantri pasti bakalan lama banget. nyokap gue juga udah nyap-nyap gini katanya
"tuh kan apa emak bilang. tadi itu harusnya gebagian sidik jari dulu baru dikumpulin"
asem.. kapan dia ngomong kayak gitu?! kuping gue udah budeg apa emang gue yang gak ngedengerin dia.. au ahh gelap! kesel setengah mati gue. akhirnya gue gak ngatri tapi gue gak nyelak juga -- ciri-ciri wanita indonesia yang baik kan gue :) --. gue tanay ama petugasnya
"bu tadi aku ngumpulin gak pake hasil sidik jari gimana tuh?" -- sumpah tampang gue pasti minta dikasianin banget, orang ibu-ibu petuganya nyampe nyediain waktu buat ngobrol sama gue --
"gimana ya?! tadi emang gak ke sidik jari dulu? perpanjangan apa baru buat?"
"baru buat bu, boleh aku ambil bu formulir punya aku?"
"gimana mau ngambilnya udah ketumpuk banyak"
okay mulai lemes gue soalnya si ibu mulai lagi asyik ngurusin antriannya yang udah mulai membludak. pasrah gue tapi pencerahan lagi-lagi dateng. ada bapak-bapak samping ibu-ibu itu ngomong sama gue.
"nanti aja bisa kok. kalo udah jadi ntar ke bagian sidik jari ngasih ini trus kasih lagi kesini"
"bisa pak?"
"iya bisa tapi nanti jam 11 abis skcknya jadi"
gila.. ngedenger kata-kata kayak gitu doang gue langsung GIRANG banget. dengan hati riang gembira gue ke nyokap gue.
"bisa katanya, tapi nunggu selesai dulu. sekarang buat kartu kuning aja"

sekarang gue tepat berada diluar polsek trus kita mau ke walikota, tapi walikotanya dimana ya??. dengan sok tahunya gue *karena males naya juga sih gue maen nunjuk-nujuk aja tuh gedung walikota. trus nyokap gue nanya
"bener gak tuh gedung walikotanya?'
"iya. orang katanya didepan polsek ya berarti itu"
"kalo bukan. makanya nanya. tadi disuruh nayanya gak mau sih" -- kata nyokap gue dengan tampang kesel --
akhirnya dia nyamperin kumpulan TNI yang ada di dalem pos didepan halaman gedung -- gila ya nyokap gue, nyamperinnya langsung TNI :)) --. kata TNInya bener yang tadi gue kira gedung walikota ternyata emang beneran gedung walikota, gak percaya sih nyokap gue. pas udah nyampe ruang yang buat kartu kuning, gue ikutan nimbrung ama orang-orang yang gak terlalu rama, gak kaya dipolsek -- kalah pamor di kartu kuning dibandingin si skck hehe --. trus pas gue baca persyaratanya : ijazah ama foto 3x4 2. fine ijazah ada tapi foto cuma satu. nah lho gimana ini?! --liat kanan kiri--. lagi-lagi nyokap gue nyap-nyap pas udah selese baca tuh persyaratan trus nanya gue "persyaratannya udah ada kan?" mendapant jawaban dari gue "ada tapi foto kurang satu" langsung deh nyerocos...
"kan dari kemaren-kemaren udah dibilangin kalo ngeprint foto yang banyak" -- maaf ya bahasanya ngeprint,, emang biasanya gue gretongan ngeprint foto dikantor ahaha *tawa keras sambil ditutupin pake tangan --. aduh udah males banget nanggepin nyokap gue. capek, pegel pula. tapi nyokap gue nanya ke anak pkl kalo mau nyetak foto dimana?! kata tuh anak pkl yang paling deket di ITC Depok. Langsung gue disuruh kesana, kata nyokap gue tuh mall disampingan ama nih gedung walikota. gue yang baru sekali kedepok lagnsung sport jantung ntar kalo gue sendirian kesana ada yang godain gimana?! nyasar gimana?! nyulik gimana?! ngajak kawin gimana?! lho lho.. bermodalkan tekad yang kuat dan kukuh serta keuletan yang tiada tara -- alah -- gue beranjak ke ITC Depok seorang diri. Setelah gue keluar dari tuh lingkungan yang ingin gue pertanyakan adalah KATANYA SAMPINGAN BANGET TAPI KOK YA GUE JALAN LIMA MENIT KAGAK NYAMPE-NYAMPE. Akhirnya setelah berantem dengan hati yang panas ketemu juga gue ma tu mall. berhubung gue baru pertama kali kesana ya walaupun rumah gue juga didepok hehe. Bingung gue pintu depannya dimana?! nambah bingung lagi kenapa banyak banget orang didepan tuh mall. Ikutan nunggu bareng deh ama tuh orang-orang tapi gak tau nunggu apaan?! nunggu antrian sembako kali ya tapi kok di mall?! pas gue liat kesamping ada yang masuk lewat lewat pintu yang baru kebuka sedikit. Pintunya bukan pintu kaca yang bergerak sendiri kalo ada yang ngedeket tapi pintu yang ditoko-toko yang diangkat kealat. roll apa ya.. ya itulah. Pas gue masuk ke dalam 1 kata GELAP. gila gue baru nyadar orang-orang diluar nungguin apaan?! nungguin mallnya buka. Asem gue nyari toko cetak foto dalam kegelapan huahua. trus yang lebih kampungan gue naek turun tangga tanpa tau gue ada dimana?! nanya dong gue ke spg-spg yang lagi bersih-bersih barang dagangannya dimana tuh toko cetak foto. akhirnya nyampe juga tapi tuh toko belum buka. duduk deh didepan tuh toko. pas udah buka, mereka beres-beres dulu, panasin komputer dulu -- ada-ada aja ya komputer kok dipanasin ntar meleduk --. gak apa-apa deh berhubung gue capek, gue pasrah nunggu tuh toko buka dengan full. pas udah gue kasih file foto gue ke dia sekitar jam 9 trus katanya bakalan jadinya jam 10, anjrit lama amat. guekan harus ke polsek sebelum jam 11. gak apa-apalah pasrahlah aku!

rasanya tuh jam pengen gue bakar lama banget bergeraknya. udah duduk lama malah beru lima menit masih ada sisa 55 menit lagi. mana hp kagak ada pulsanya jadi gak bisa FBan. lengkap sudah kebahagianku Tuhan. ditunggu sampe gue dilalerin --lebay-- baru gue dipanggil ama tuh yang ngejagain tokonya. gak sia-sia gue nunggu lama hasil fotonya bagus gue keliatan lebih putih, lebih cantik, lebih bersinar --wah kayaknya gue ancur banget ya kalo lebih semua difonto ahhaa--. gue langsung aja ke gedung walokita tempat nyokap gue tapi permaslahan sekarang pintu tadi gue masukin dimana ya?? nah lho.. pas muter-muter nyari tuh pintu gue ketemu pintu keluar yang kayaknya beda dari yang gue masukkin, bodo dah yang penting gue bisa keluar. alhasil gue keluar dari mall tapi nyasar ditempat yang bener-bener gak gue kenal. sok-sokan aja gue jalan kedepan tapi mah jantung udah deg-degan takut gak pulang. pas udah didepan gue senyum dalem hati 'ini mah pintu samping nih ICT' ahhaa gue gak jadi masuk jajaran wanted yaa lega!.. buru-buru gue ke walikota.. panas boo udah jam 10 lewat. pas udah diwalikota langsung ngisi formulirnya trus disuruh fotocopy 6 lembar. eh pas dikoperasi tempat fotocopy ngatri lagi. mana tuh koperasi kagak ada ac atau yang lebih murah lah kipas angin. udah deh bau kringet lagi gue cium. pas udah selese gue lagnsung kepolsek bruntungnya pas gue baru sampe nama gue langsung dipanggil ama tu bapak-bapak penyelamat yang menenangkan gue. sekarang gue tinggal ke ruang sidik jari ngasih hasil trrus pulang. tapi ternyata gak sesingakat itu. gue juga masih harus ngantri diruang sidik jari. tapi yang lucu gue dan beberapa orang yang nuggu namanyanya dipanggil sekitar udah setgah jam nunggu tiba-tiba ada polisi gitu yang jabatannya udah tinggi bawa cewek cantik montok pula masuk kedalem. dan kalian tau dalah hitungan 10 menit dia udah bawa hasil sidik jarinya. ya ampun jomplang banget ya rakyat jelata dan rakyat yang punya duit ckck. pokonya gue udah dapet hasil tu sidik jari langsung aja gue kasih kebapak-bapak itu. lima menit kemudian gue dipanggil lagi buat ngambil tuh skck.

udah sampe situ doang perjuangan gue buat tu skck dan kartu kuning.. perjuangan hidup mati gue lolos gak tu CPNS dan hasilnya Tidak MySpace. udah dulu yaaaa byeee readers..

salam mengeong yaaa

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Udah bacakan.. mari mari cipika cipiki sama yang punya :)

My Image